RESUME BERPIKIR KOMPUTASI

 1. Struktur Data

Dalam istilah ilmu komputerstruktur data adalah cara menyimpan dan mengatur data secara terstruktur pada sistem komputer atau pangkalan data (database) sehingga lebih mudah diakses. Secara teknis, data dalam bentuk angka, huruf, simbol, dan lainnya ini diletakkan dalam kolom-kolom dan susunan tertentu. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar sebar (spreadsheet), pangkalan data, pengolah katacitra yang dipampat (compressed image), dan pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.

Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang terlihat oleh pengguna ataupun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak terlihat oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan basis data (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata yang kolomnya berubah secara dinamis.

2. Tree Data

Dalam ilmu komputer, sebuah Pohon adalah suatu struktur data yang digunakan secara luas yang menyerupai struktur pohon dengan sejumlah simpul yang terhubung.



1. Node

Dalam jaringan telekomunikasi , sebuah node ( Latin : nodus , 'simpul') adalah titik redistribusi atau titik akhir komunikasi .

Node jaringan fisik adalah perangkat elektronik yang terhubung ke jaringan dan mampu membuat, menerima, atau mengirimkan informasi melalui saluran komunikasi . [ 1 ] Dalam komunikasi data, node jaringan fisik dapat berupa peralatan komunikasi data (seperti modem , hub , bridge , atau switch ) atau peralatan terminal data (seperti gagang telepon digital, printer, atau komputer induk ).

Titik distribusi pasif seperti bingkai distribusi atau panel patch bukanlah suatu simpul.

2. Child Node

Child Node adalah node yang terhubung dengan node lainnya dan garisnya memanjang. Parent Node adalah node yang memiliki node lain dengan bentuk memanjang.

3. Leaf Node

Daun (Leaf nodes)

Semua simpul yang berada pada tingkat terendah dari pohon dinamakan daun (leaf node). Sejak mereka terletak pada tingkat paling bawah, mereka tidak memiliki anak satupun. Seringkali, daun merupakan simpul terjauh dari akar.

4. Root

Rooting adalah proses membuka kunci atau melakukan jailbreak pada perangkat, seperti telepon pintar atau tablet. Hal ini paling sering merujuk pada perangkat android. Perangkat yang di-root memberi pengguna lebih banyak kebebasan untuk menyesuaikan perangkat dan memperoleh kontrol administratif yang lebih besar.

5. Internal mode

Internal node adalah istilah untuk menyebut simpul yang memiliki minimal satu child node.

6. Edge

Edge merujuk pada garis yang menghubungkan antara dua buah simpul dalam tree. Jika sebuah tree memiliki N node maka tree tersebut akan memiliki (N-1) edge. Hanya ada satu jalur dari setiap simpul ke simpul lainnya.

7. Height of node

Height of node adalah jumlah edge dari sebuah node ke leaf node yang paling dalam.

8. Depth of node

epth of node adalah banyaknya edge dari root ke sebuah node.

9. Height of tree

Height of tree dapat diartikan sebagai panjang jalur terpanjang dari simpul akar ke simpul daun dari seuah tree.

9. Degree of node

jumlah cabang yang melekat pada simpul disebut Degree of node atau derajat simpul. Derajat simpul pada sebuah leaf node adalah 0. 

Selain Degree of node, terdapat juga Degree of tree yaitu derajat maksimum simpul di antara semua simpul pada tree.

10. Subtree

Subtree adalah setiap simpul dari tree beserta turunannya.

Fungsi dan Kegunaan Tree

Berikut adalah fungsi dan kegunaan dari struktur data tree

Dalam kehidupan nyata, struktur data tree membantu dalam pengembangan game.

Membantu pengindeksan pada database.Decision Tree adalah tools yang biasanya digunakan dalam analisis keputusan. 

Metode ini memiliki struktur seperti diagram alur yang membantu untuk memahami data.Domain Name Server juga menggunakan struktur data tree.

Kasus penggunaan tree yang paling umum adalah situs jejaring sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll.Keunggulan Strukur Data Tree

Berikut adalah beberapa keunggulan atau kelebihan dari tree:

Memungkinan subtree untuk dipindahkan dengan usaha yang minim.

Mencerminkan hubungan data secara struktural.

Menawarkan operasi pencarian dan penyisipan yang efisien.

Tree sangat baik digunakan untuk membuat hierarki data.

3. GRAPH DATA

Graph adalah jenis struktur data umum yang susunan datanya tidak berdekatan satu sama lain (non-linier). Graph terdiri dari kumpulan simpul berhingga untuk menyimpan data dan antara dua buah simpul terdapat hubungan saling keterkaitan

Simpul pada graph disebut dengan verteks (V), sedangkan sisi yang menghubungkan antar verteks disebut edge (E). Pasangan (x,y) disebut sebagai edge, yang menyatakan bahwa simpul x terhubung ke simpul y.

Graph di atas terdiri atas 4 buah verteks dan 4 pasang sisi atau edge. Dengan verteks disimbolkan sebagai V, edge dilambangkan E, dan graph disimbolkan G, ilustrasi di atas dapat ditulis dalam notasi berikut:

V = {0, 1, 2, 3}

E = {(0,1), (0,2), (0,3), (1,2)}

G = {V, E}

Graph memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:

Jarak maksimum dari sebuah simpul ke semua simpul lainnya dianggap sebagai eksentrisitas dari simpul tersebut.


Titik yang memiliki eksentrisitas minimum dianggap sebagai titik pusat dari graph


Nilai eksentrisitas minimum dari semua simpul dianggap sebagai jari-jari dari graph terhubung


Graph memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:

Jarak maksimum dari sebuah simpul ke semua simpul lainnya dianggap sebagai eksentrisitas dari simpul tersebut.

Titik yang memiliki eksentrisitas minimum dianggap sebagai titik pusat dari graph.

Nilai eksentrisitas minimum dari semua simpul dianggap sebagai jari-jari dari graph terhubung

Kelebihan Graph


Keunggulan dari struktur data graph adalah sbb:


Dengan menggunakan graph kita dapat dengan mudah menemukan jalur terpendek dan tetangga dari nodeGraph digunakan untuk mengimplementasikan algoritma seperti DFS dan BFS.

Graph membantu dalam mengatur data.

Karena strukturnya yang non-linier, membantu dalam memahami masalah yang kompleks dan visualisasinya

Adapun kekurangan dari struktur data graph di antaranya

Graph menggunakan banyak pointer yang bisa rumit untuk ditangani.

Memiliki kompleksitas memori yang besar.

Jika graph direpresentasikan dengan adjacency matrix maka edge tidak memungkinkan untusejajar dan operasi perkalian graph juga sulit dilakukan.



4. ALGORITMA 


Simbol simbol flowchart

1.Simbol Awal (Start/End):

 Simbol ini menandakan awal dan akhir dari suatu proses atau algoritma.

 Biasanya direpresentasikan dengan bentuk oval atau persegi panjang dengan tepi melengkung.

permasalahan tertentu

Menurut Marvin Minsky, seorang Ilmuwan dibidang Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Algoritma adalah seperangkat aturan yang memberitahukan kepada kita dari waktu ke waktu, tepatnya bagaimana untuk bertindak.

Menurut David Bolton, seorang praktisi dibidang teknologi asal Australia

Algoritma merupakan sebuah deskripsi suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil.

Menurut Andrey Andreyevich Markov, Matematikawan asal Rusia

Algoritma adalah hal umum untuk dipahami sebagai suatu keputusan yang tepat untuk mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil yang diinginkan.

Menurut Romi Satria Wahono, salah satu praktisi Komputerisasi terbaik dari indonesia pemilik dari situs ilmukomputer.com

Algoritma adalah logika, metode dan tahapan (urutan) sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. 

Kesimpulan Definisi Algoritma Menurut Para Ahli

Berdasarkan dari definisi algoritma yang dijabarkan oleh beberapa ahli. Kita dapat mengetahui bahwa kata kunci dari algoritma (algorithm) adalah jelas dan logis. Ini menandakan bahwa saat kita merangkai atau menyusun sebuah algoritma harus logis dan jelas agar nantinya keluaran (hasil) benar.

Bisa diartikan juga algoritma dirancang untuk menyelesaikan masalah. Jika intruksi yang dijabarkan kurang jelas dan logis maka masalah tidak dapat terselesaikan dengan baik atau hasilnya tidak sesuai dengan kita inginkan.

Algoritma juga dapat disajikan dalam 2 bentuk, yaitu bentuk tulisan/bahasa dan bentuk gambar. Penyajian bentuk tulisan biasa disebut pseudocode dan penyajian dalam bentuk gambar disebut flowchart. Setelah ini kita akan bahas keduanya setelah kita bahas apa saja yang ada dalam algoritma.

Demikian postingan mengenai “Definisi Algoritma Menurut para Ahli“, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Bila ada kata-kata yang salah mohon dikoreksi. Keep Calm and Stay Code Programmining. 

11.FLOWCHART SISTEM

Flowchart sistem adalah flowchart yang menampilkan tahapan atau proses kerja yang sedang berlangsung di dalam sistem secara menyeluruh. 

Selain itu flowchart sistem juga menguraikan urutan dari setiap prosedur yang ada di dalam sistem.

12. FLOWCHART PROGRAM

Selanjutnya kita akan membahas flowchart program. Flowchart ini menggambarkan secara rinci prosedur dari proses program. 

Flowchart program terdiri dari dua macam, antara lain: flowchart logika program (program logic flowchart) dan flowchart program komputer terinci (detailed computer program flowchart).

13. SIMBOL SIMBOL FLOWCHART 

1. Simbol Awal (Mulai/Akhir):

Simbol ini menandakan awal dan akhir dari suatu proses atau algoritma. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk oval atau persegi panjang dengan tepi melengkung.

2. Simbol Proses:

Simbol ini digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah atau tindakan yang harus dilakukan dalam proses. Umumnya direpresentasikan dengan bentuk persegi panjang.

3. Simbol Keputusan (Keputusan):

Simbol ini menunjukkan titik keputusan dalam alur kerja yang memerlukan pilihan ya atau tidak. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk berlian.

4. Simbol Input/Output:

Simbol ini digunakan untuk menunjukkan input atau output data dalam proses. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk paralelogram.

5. Simbol Penghubung (Konektor):

Simbol ini digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian flowchart yang terpisah. Biasanya direpresentasikan dengan garis lurus atau panah.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

DATA ZEVANA

MATERI PRAKTIK IP ZEVANA 9E